Kamis, 06 Agustus 2009

Kompor Tenaga Surya

Kraksaan - Empat murid SMAN 1 Kraksaan Mempunyai terobosan menarik. Mereka menciptakan kompor bertenaga matahari. Kompor tersebut saat ini diikutkan lomba dengan tema mengantisipasi perubahan iklim yang diselenggarakan British Council Jakarta.

Empat siswa itu adalah Wienda Jusitia, Marsandi, Willy Yunianto, dan Yogi Dw. Kemarin (14/7), sekitar pukul 10.00, mereka menunjukkan kerja kompor tersebut dihadapan juri lomba yang datang. Juri yang datang saat itu adalah Masud Efendi dari Yayasan Kaliandra, Prigen Pasuruan.
Ada tiga kompor bertenaga matahari yang dipresentasikan. Ketiganya berbentuk sama. Prinsip kerjanya sederhana. Panas matahari yang masuk ditampung dalam ruang berlapis kaca cermin. Panas dalam ruang itu yang kemudian dimanfaatkan untuk memasak.

Wienda yang menjadi koordinator kelompok pembuatan kompor tersebut, menjelaskan proses pembuatannya. "Ini hanya dibuat dengan kaca cermin biasa. Tenaga pemanasnya diambil dari tenaga matahari. Jadi, apa yang akan dimasak itu ditaruh di dalam sampai matang," Katanya.

Tetapi, kata Wienda untuk sementara kompor itu tidak bisa digunakan 24 Jam. "Kompor ini hanya bisa digunakan mulai pukul 11 sampai 2 siang. Karena ada sinar matahari. Kalau digunakan pagi hari, hanya mampu memasak air. Tenaganya tidak terlalu tinggi dan panas," katanya.

Kemarin kompor itu 45 menit untuk membuat mie goreng masak. Waktu memasak ideal yaitu saat panas matahari mencapai puncak, yakni pukul 13.00 hingga 14.00. Tapi walau begitu, kompor ini belum mampu dipakai masak nasi.

Apa tujuan dibuatnya kompor ini? Untuk mengurangi ketergantungan manusia pada produk tekhnologi berenergi listrik maupun minyak." Juga untuk mengantisipasi pemanasan global," katanya singkat.

Sementara Kepala SMAN HM. Nasor bahwa kompor bertenaga matahari itu murni kreasi murid-muridnya."Alhamdulillah sekarang ini hasilnya sudah diikutkan lomba tingkat nasional." (ain/yud).

3 komentar:

SMAN 1 KRAKSAAN mengatakan...

Wah hebat ya,,,
Terobosan yang mapan

SMAN 1 KRAKSAAN mengatakan...

penghematan sumber daya alam

tpi klo masak malam hari gmana???

Unknown mengatakan...

WOW amazing......!!!
tp ad kelemahannya g????

Posting Komentar

No Spam, SARA, etc.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons