Sabtu, 08 Agustus 2009

METODE PEMBELAJARAN MODEL TUMPENG OLEH : HASAN S.Pd

METODE PEMBELAJARAN MODEL TUMPENG
OLEH :
HASAN, S.Pd
SMA NEGERI 1 KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO

ARE YUO KNOW ABOUT TUMPENG ?

Tumpeng is ceremonial dish of yellow rice served in a cone shape, maksudnya adalah hidangan formalitas berupa nasi kuning yang dihidangkan dalam bentuk sebuah kerucut, sedangkan “Tumpengan” is ritual which ceremonial dish of yellow rice served in a cone shape, maksudnya adalah acara keagamaan yang hidangannya formalitas berupa nasi kuning yang dihidangkan dalam bentuk sebuah kerucut.
Metode Pembelajaran Model Tumpeng merupakan salah satu strategi pengembangan professional guru melalui rangkaian siklus yang terjadi secara berulang-ulang. Terencana dan berkelanjutan. Kelompok guru mengembangkan pembelajaran secara bersama-sama dan guru lainnya mengamati aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung, disamping itu metode pembelajaran model tumpeng juga mengutamakan pengintegrasian imtak dalam proses belajar mengajar pada tahapan refleksi melalui observer masing-masing kelompok belajar siswa. Pada akhir kegiatan guru tersebut berkumpul dan melakukan tanya jawab tentang pembelajaran yang dilakukan, merevisi dan menyusun pembelajaran berikutnya berdasarkan hasil diskusi.
Pada filsafat jawa, Tumpeng (tumpengan) selalu dinikmati secara bersama-sama dengan situasi dan kondisi yang suka ria, tanpa terlalu banyak mempertimbangkan nilai gizi, kualitas dan kuantitas dari tumpeng itu sendiri, yang penting adalah kebersamaan, keceriaan, dengan satu tujuan seperti halnya bentuk tumpeng yang selalu mengerucut. Dari filasafat tumpeng ini, maka metode pembelajaran model tumpeng bertujuan tidak jauh dari tujuan ritual tumpeng itu, yaitu melaksanakan pembelajaran secara bersama-sama dengan mengoptimalkan sarana dan potensi yang ada untuk mencapai satu tujuan yaitu komunitas belajar siswa yang baik untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
Karakteristik metode pembelajaran model tumpeng melalui beberapa tahapan , yaitu tahap perencanaan meliputi : a) merekrut anggota kelompok atau team pengajar ; b) menyusun waktu khusus ; c) menyusun jadwal pertemuan ; d) menyetujui aturan kelompok.
Tahap pelaksanaan meliputi : a) adanya guru utama atau penyaji materi ; b) adanya observer atau pengamat terhadap kegiatan dan aktivitas siswa ; c) adanya kelompok belajar siswa yang heterogen di kelas ; d) keseimbangan peran dan fungsi dari masing-masing perilaku pembelajaran di kelas ; e) adanya bimbingan dan petunjuk teknis terhadap kelompok siswa oleh masing-masing observer dalam mengikuti proses belajar mengajar ; f) pembelajaran berbasis ICT/TIK dan berorientasi pada BSE (buku sekolah elektronik) dengan memanfaatkan situs www.bse.depdiknas.co.id ; g) dilakukan berbagai penilaian oleh masing-masing observer, antara lain 1. penilaian individu, meliputi : kognitif, afektif dan psikomotorik, ; 2. penilain kelompok, meliputi : proses belajar mengajar, bertanya, berpendapat, mengerjakan soal dan berdiskusi ; 3. penilain kelas, meliputi : pengamatan kapan mulai konsentrasi untuk belajar, berhenti berkonsentrasi dalam belajar, hikmah pelajaran berharga apa yang dapat di perik dari pembelajaran ini.
Tahap akhir atau refleksi, meliputi a) adanya penarikan kesimpulan bersama-sama dengan siswa oleh guru utama ; b) penyampaian refleksi hasil observasi kelompok oleh maing-masing observer ; c) bimbingan dan pengarahan kelompok siswa oleh masing-masing observer terutama dalam usaha mengintegrasikan imtak pada pokok bahasan ini ; d) pemberian reward pada siswa tertentu ; e) usaha peningkatan kualitas dan prestasi belajar siswa; f)pemberian tugas siswa dengan mengoptimalkan fasilitas bloksport.sman1kraksaan.co.id.
Tahap monitoring dan evaluasi, pada tahap ini dimanfaatkan sebagai wahana pembelajaran internal yang meliputi : peningkatan kinerja, peningkatan dampak, proses belajar dan pemberdayaan, mendorong terwujudnya masyarakat belajar yang melembaga pada guru dan sekolah.
Siklus pembelajaran model tumpeng, yaitu : 1) perencanaan : mengidentifikasi tujuan belajar siswa dan pengembangan jangka panjang, merencanakan desain pembelajaran, yang meliputi observasi yang diamati secara berkolaborasi ; 2) pelaksanaan : salah satu guru melaksanakan pembelajaran berdasarkan desain yang telah disusun, sedangkan guru lain mengamati dan mengumpulkan data tentang belajar, berfikir, perilaku siswa dan lainnya. ; 3) analisis : menganalisis data yang dikumpulkan pada saat observasi secara bersama-sama ; 4) laporan : menulis laporan yang mencakup perencanaan pembelajaran, data siswa hasil pengamatan, dan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Jika diperlukan guru memperbaiki dan mengulang kembali pembelajaran.
Langkah-langkah pelaksanaan metode pembelajaran model tumpeng mencakup tujuh(7) kegiatan. Kegiatan tersebut adalah 1) pembentukan kelompok model tumpeng ; 2) penentuan fokus model tumpeng ; 3) perencanaan model tumpeng ; 4) persiapan observasi ; 5) pelaksanaan dan observasi pembelajaran ; 6) Tanya jawab (diskusi) tentang pembelajaran yang dilaksanakan, dan 7) refleksi dan perencanaan langkah berikutnya
Metode pembelajaran model tumpeng dilaksanakan secara berkesinambungan dalam suatu rangkaian siklus. Untuk mengukur ketercapaian tujuan dan menjamin keberlanjutan serta kualitas pembelajaran model tumpeng, maka perlu dimonitor dan dievaluasi secara partisipatif dengan maksud untuk meningkatkan kinerja, dampak dan wahana pembelajaran bagi siswa. Guru dan sekolah. Metode pembelajaran model tumpeng ini tidak dilakukan untuk mencari kesalahan seorang guru tetapi untuk memberdayakan kegiatan, agar dapat dicarikan corrective action sehingga Metode pembelajaran model tumpeng dapat berjalan dengan baik, transparan, sahih dan obyektif serta mampu memuaskan semua pihak yang terkait.
Pengajar Matematika :
Nama : Hasan, S.Pd.
NIP. : 131990550
Mata Pelajaran : Matematika
Unit Kerja : SMAN 1 Kraksaan Probolinggo

Pengajar Matematika SMAN 1 Kraksaan Probolinggo


Download Doc. Metode Pembelajaran Ekspositori

0 komentar:

Posting Komentar

No Spam, SARA, etc.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons