Sabtu, 08 Agustus 2009

METODE EKSPOSITORI PLUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA OLEH : H A S A N, S.Pd.

“ METODE EKSPOSITORI PLUS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA“
OLEH :
H A S A N, S.Pd.
SMA NEGERI 1 KRAKSAAN PROBOLINGGO


Metode ekspositori Pembelajaran Matematika
Adalah Metode Pengajaran yang digunakan dalam Pembelajaran Matematika dengan menggabungkan beberapa metode pengajaran sesuai dengan kebermaknaannya.

Kebermaknaan yang dimaksud adalah menggunakan / memanfaatkan titik penekanan dari metode pengajaran tertentu untuk penyajian materi pembelajaran ( bahan ajar ) yang esensial saat itu.

Metode Pengajaran yang digabung secara berurutan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( RPP ) adalah sebagai berikut :

Pertama kali, di awal pengajaran metode yang digunakan adalah Metode Jig Saw ( pengelompokan model jig Saw ) Metode ini dipakai pada bagian awal saja, dengan maksud memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berinteraksi secara bebas sesama teman dikelasnya. Siswa akan dibagi dalam 8 kelompok (kelompok asal) yang terdiri dari 5 orang anggota (kelompok ahli), selanjutnya akan memanfaatkan Metode e~Learning ( pembelajaran dengan elektronik ) yaitu sebagai penanaman konsep yang baik dari materi pembelajaran yang akan disampaikan sebagai pengganti metode ceramah, dengan catatan memiliki sarana yang memadai, seperti laptop / computer, DLP / LCD Proyektor dan lain-lain. Namun jika tidak didukung oleh sarana tersebut, maka bisa juga diganti dengan Metode Ceramah untuk mendampingi metode ‘e~learning’ untuk memberikan penekanan-penekanan tertentu agar lebih bermakna dan mudah dipahami oleh siswa, jika dibanding hanya sekedar mengikuti alur (algoritma) dari soft were computer saja. Metode ceramah ini, bukan ceramah murni, melainkan ada pemberian contoh soal untuk memperjelas konsep yang sudah diterima siswa, sekaligus mengaktifkan Metode Tanya Jawab untuk mengetahui prediksi awal tentang daya serap siswa ( daya serap sementara ) dengan indikator jawaban / tanggapan siswa dan Guru dapat melakukan penilaian formatif, dengan catatan setiap siswa sudah diberi nomor / label identitas yang mudah dibaca dan dikenal oleh Guru. Selanjutnya akan digunakan Metode Pemberian Tugas untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk menuangkan pengetahuannya atas konsep yang telah diterimanya dalam bentuk penyelesaian soal-soal secara berkelompok. Pemberian tugas ini bisa juga berupa LKS (Lembar Kerja Siswa ). Pada saat kegiatan ini Guru Penyaji dibantu oleh Guru Pendamping yang bertugas antara lain untuk memberi bimbingan kelompok / penilaian kelompok dan memberi arahan-arahan kepada siswa. Setelah semua kelompok menyelesaikan tugasnya digunakanlah Metode Presentasi ( Penyajian ) sebagai alat sosialisasi, koreksi, evaluasi, dan fit back (umpan balik) bagi Guru, yang dimaksud diatas adalah adalah :
a. Sosialisasi
Sosialisasi hasil pekerjaan dari kelompok yang satu kepada kelompok yang lainnya agar materi pembelajaran dapat diterima secara menyeluruh dengan ketentuan, Daya Serap Siswa ≥ 70 % sesuai ‘Teori Bloom’
b. Koreksi
Hasil pekerjaan suatu kelompok dapat dipertanggungjawabkan serta dapat dikoreksi oleh kelompok lain sampai mencapai nilai kebenarannya.
c. Evaluasi
Hasil pekerjaan kelompok (siswa) dapat dijadikan sebagai alat evaluasi oleh guru selain hasil uji kompetensi oleh masing-masing siswa pada saat ujian blok atau ulangan harian.
d. Fit Back ( Umpan Balik )
Perilaku siswa, pengetahuan siswa, kreatifitas siswa, serta respon siswa merupakan umpan balik bagi guru sebagai alat introspeksi diri untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Setelah kegiatan penyajian ini selesai, maka Guru bersama Siswa menarik kesimpulan dan saran dari materi pembelajaran ini. Kemudian sebagai kegiatan penutup, dengan dibantu oleh Guru Pendamping melaksanakan Metode Kuisioner ( Pemberian Angket ) untuk mengetahui aspek afektif dari pembelajaran yang telah dilakukan dengan cara memberikan kuisioner (angket) “Penilaian Aspek Afektif” yang telah disiapkan (terlampir)



Hasan, /sman 1 kraksaan/2006


Download File ini


2 komentar:

mutia mengatakan...

seruuu.....untuk laen kali buat yang lebihhhh menantang ya pak...... saya dukung dan mudah- mudahan lomba tingkat nasionalnya bisa menang .....cayoooooooo

Bunga mengatakan...

langkah-langkah pembelajaran dan kelebihan kekurangannya bagaimana ya pak?

Posting Komentar

No Spam, SARA, etc.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons