Kamis, 06 Agustus 2009

School Climate Challenge

“ Developing Climate Solutions within School Communities ”

School Climate Challenge adalah kompetisi yang bertujuan mendorong para guru dan siswa Sekolah Menengah di seluruh Indonesia untuk menggagas project yang inovatif, kreatif, berkesinambungan, dan terutama berkontribusi terhadap solusi perubahan iklim, dan memiliki manfaat ekonomi baik bagi sekolah maupun komunitas.

Nah, untuk Tim SCC SMAN 1 Kraksaan yang beranggotakan Yogi Dwi Mahandi, Marsandi Arfianto, Willy Yuniarto, dan Wienda Justitia A. serta Eva Early Nur HIdayati sebagai pembimbing, beraksi lagi dengan “solar box” yang dimiliki.
Perjalanan yang cukup panjang telah dilalui hingga akhirnya menjadi 15 besar TIM SCC yang selanjutnya akan disaring lagi menjadi 3 besar. Untuk perjalanan Tim SCC ini memang tidaklah mudah, pada dasarnya konsep kegiatan SCC ini serupa dengan kegiatan Environment Day 2008 yang diadakan oleh PT.IPMOMI-Paiton.

Perjalanan yang dilalui memang cukup panjang, pada awalnya Tim SCC ini memang sedang melaksanakan suatu proyek penelitian terhadap solar box yang dimiliki, kemudian pada tanggal 24 Februari 2009 Tim SCC mengirimkan proposal project tahap awal ke sekretariet school climate challenge. Selanjutnya setelah menjalani tahap seleksi proposal, Tim SCC ini harus melanjutkan ke tahap penelitian awal, pada tanggal 07 Juni 2009 Tim SCC berhasil mengirimkan laporan kegiatan penelitian yang telah dilakukan. Selanjutnya dari laporan tersebut akan diseleksi lagi dan dari 172 proposal yang masuk Tim SCC SMAN 1 Kraksaan mendapatkan tempat untuk bersaing kembali dengan 14 peserta lainnya se-Indonesia. Tahap yang harus dilalui Tim SCC ini selanjutnya adalah tahap penilaian sejauh mana kegiatan penelitian ini telah memberikan kontribusi terhadap peubahan iklim yang saat ini terjadi.

Selasa, 14 Juli 2009 Tim SCC SMA N 1 Kraksaan kedatangan tamu dari Kaliandra-Pasuruan Bapak Kiswoyo dan Bapak Masudi. Mereka merupakan tim penilai untuk kegiatan SCC yang tengah diikuti oleh Tim SCC SMA N 1 Kraksaan. Selama 1 hari itu, Tim SCC menemani tim penilai mereka untuk meninjau solar box yang dimiliki. Di samping untuk meninjau solar box yang sedang dijadikan bahan penelitian ternyata tim penilai SCC tersebut juga meninjau kegiatan peduli lingkungan di SMA N 1 Kraksaan, seperti pembuatan kompos, pembudidayaan ikan lele, pembuatan dan hasil produksi jamu tradisional, pembudidayaan tanama obat keluarga, serta kebersihan lingkungan sekolah. Hingga saat ini Tim SCC SMA N 1 Kraksaan masih menunggu pengumuman untuk kejuaraan SCC ini. GOOD LUCK!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

No Spam, SARA, etc.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons